Cara Mencegah Penyakit Diabetes, dan Cara Mengontrol Kadar Gula Darah

Cara Mencegah Penyakit Diabetes - Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang salah satu penyakit yang benar-benar tidak bisa disembuhkan namun masih bisa dikendalikan. ini benar adanya bukan maksud ingin menakuti. kenapa saya bilang tidak bisa di sembuhkan karena memang sampai saat ini belum ada salah satu pun metode pengobatan yang bisa mengobati penyakit diabetes ini sampai tuntas. 




Sebenarnya ada berbagai Pengobatan yang bisa menurunkan kadar gula darah, Seperti injeksi insulin untuk merubah glukosa dalam darah menjadi energi. namun sewaktu-waktu kadar gula dalam darah anda dapat kembali tinggi karena berbagai kemungkinan seperti pola makan yang salah atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis / kadar glukosa nya tinggi

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Karena itu pengendalian kadar gula dalam darah merupakan salah satu jalan keluar untuk penderita penyakit diabetes. Penyebab utama penyakit diabetes adalah karena pola hidup dan pola makan yang tidak proporsianal, selain itu penyakit ini juga bisa di turunkan. karena itu penyakit ini bersifat genetis, setiap anak yang orang tuanya menderita diabetes mengalami resiko lebih besar untuk ikut terkena diabetes dari pada orang yang lahir dari keluarga yang tidak mengalami penyakit ini.

Pemantauan glukosa darah secara teratur sangatlah penting, untuk mengetahui berapa kadar gula darah anda terutama pada orang-orang yang resiko tinggi terkena diabetes. Kadar gula darah normal yaitu harus berada pada kisaran berikut ini : 70-130 mg / dL sebelum makan, dan glukosa dalam darah kurang dari 180 mg / dL setelah makan.

Sebelum mempelajari lebih jauh tentang cara mencegah diabetes, pahami pengertian serta penyebab nya terlebih dahulu secara detail lanjutkan membaca

Penyebab Diabetes Atau kencing manis

Penyakit Diabetes ini  terjadi ketika pankreas tidak bisa lagi memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, atau  bisa juga karena tubuh Anda menjadi kurang sensitif terhadap insulin yang dihasilkan tubuh. Hormon Insulin dihasil Oleh Pankreas dan berfungsi untuk mengubah Glukosa menjadi energi.

Jika produksi insulin berkurang atau tidak efektif maka kadar Glukosa di dalam darah tidak bisa lagi terkontrol dengan baik. karena itulah terapi untuk orang diabetes salah satunya dengan selalu Memberikan hormon insulin sebagai penganti hormon alami yang dihasilkan tubuh.

Berbagai jenis makanan dapat memperburuk kondisi diabetes, seperti diet yang salah dan mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung glukosa, Selain itu kurang olah raga juga bisa memperburuk kondisi.

Komplikasi penyakit Diabetes

Glukosa dalam darah tinggi dalam dunia medis sering disebut dengan Hiperglikemia dapat menyebabkan Berbagai penyakit serius lainnya hal ini berhubungan dan dapat mempengaruhi organ-organ tubuh lainnya. berikut beberapa dampak buruk dari Hyperglikemia:

1. Bisa beresiko terjadinya kerusakan mata
2. Mempengaruhi penyakit kardiovaskular / Penyakit jantung
3. Dapat menyebabkan gagal ginjal / kerusakan pada ginjal akibat gula dalam darah sangat tinggi, seperti yang kita ketahui fungsi ginjal yaitu sebagai penyaring atau pengelola zat-zat yang ada di dalam darah. Semakin lama diabetes semakin berat kerja ginjal.
4. Beresiko terhadap kerusakan saraf (neuropati)
5. Mempengaruhi mood dan perubahan pada suasana hati
6. Mempengaruhi sistem kekebalan tubuh
8. Beresiko terjadinya Gangren / luka yang susah untuk disembuhkan
7. infeksi kulit dan gusi, stroke, koma dan berbagai penyakit lainnya

Tanda dan gejala Diabetes

Tanda dan gejala mulai nampak ketika tingkat kadar gula dalam darah telah mencapai lebih dari 200 mg / dL.  Hal ini dapat terjadi tiba-tiba, tetapi dalam banyak kasus gula darah tinggi berkembang selama beberapa hari. Berikut ini Beberapa gejala umum kadar gula darah tinggi meliputi:

- kelelahan yang berlebihan
- pandangan kabur
- peningkatan buang air kecil
- sakit perut, mual
- mulut terasa kering
- Perasaan kebingungan
- dan sakit kepala parah dll.

Cara Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

1. Diet untuk Diabetes

Penting sekali untuk selalu mengontrol pola makan terutama untuk mereka yang telah di diagnosa menderita penyakit diabetes. Kontrol pola makan disini tidak hanya berfokus pada jenis makanan tertentu namun juga terhadap porsi. Makanan seperti nasi, jagung, pasta dan beberapa jenis makanan yang tinggi karbohidarat ini bisa diolah tubuh menjadi glukosa. Hindari berbagai minuman energy drink, rata-rata minuman energy mengandung banyak glukosa.

Makan nasi tapi kurangi porsi yang anda konsumsi. Makanan yang dianjurkan untuk orang-orang yang telah menderita penyakit diabetes ini yaitu berbagai jenis makanan yang banyak mengandung protein seperti telur, susu, dan ikan sebagai pengganti glukosa dan karbohidrat sebagai sumber energi utama tubuh. selain itu lengkapi juga dengan sayur-sayuran dan buah-buahan konsumsi seadanya. Menontrol pola makan dan porsi makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu hal penting dalam menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

2. Olah raga dan kegiatan fisik

Untuk Mengontrol kadar gula darah anda juga harus selalu olahraga secara teratur, para ahli kesehatatan merekomendasikan minimal 30 menit aktivitas per hari atau 3 kali 10.  Latihan moderat dapat mencakup: jalan cepat, renang, naik sepeda atau berbagai jenis aktivitas lainnya yang anda sukai. Rajin Bergerak dapat membuat tubuh membakar banyak kalori termasuk glukosa. karena itu sisihkan waktu anda untuk berolah raga secara rutin.

3. Tidur yang cukup

Istirahat dan tidur yang cukup dapat membantu tubuh dalam produksi insulin oleh pankreas, karena itu pastikan anda tidur yang cukup sekitar 8 jam perhari. disaat kita kurang istirahat tubuh mulai bekerja terlalu berat, berbagai masalah bisa terjadi pada berbagai organ disaat kinerja tubuh di paksakan. penting sekali istirahat untuk mencegah berbagai kegagalan fungsi organ-organ tubuh. ini bukan hanya berlaku untuk penderita diabetes.

4. Periksa dan cek Gula darah secara teratur

Cek gula darah anda secara teratur, cek gula darah bisa di lakukan di berbagai pos pelayanan kesahatam klinik dan rumah sakit, dan berkat perkembangan teknologi sekarang ini ada ada khusus untuk melakukan cek gula darah yang bisa anda lakukan secara mandiri. saya sangat menyarankan anda terutama penderita diabetes untuk membeli alat cek gula darah agar bisa anda lakukan pengecekan glukosa dalam darah anda dimanapun tanpa harus kerumah sakit, cara pengecakannya pun mudah nanti pada artikel selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana cara pengecekan kadar gula darah secara mandiri di rumah, atau bisa juga anda menanyakan langsung pada dokter/petugas kesehatan yang menangi penyakit anda.

Cek gula darah teratur ini sangat penting dan merupakan salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengontrol gula darah anda. jika glukosa anda tinggi segera kerumah sakit atau konsumsi obat dan suntik insulin yang di sarankan oleh dokter anda, sebenarnya penyuntikan insulin bisa di lakukan mandiri dirumah tanyakan cara nya pada dokter anda serta dosis yang sesuai. ini tidak di rekomendasikan untuk anda yang tidak paham dan tidak memiliki alat cek glukosa darah.

5. Kontrol berat badan

Sebuah gaya hidup sehat juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Obesitas / kegemukan merupakan faktor risiko umum yang dapat menyebabkan pengembangan diabetes tipe 2 atau dabetes yang terjadi karena gaya hidup tidak sehat.

Kesimpulan tentang cara mengontrol kadar gula darah

Dengan Mengontrol pola hidup sehat terbukti telah Banyak penderita penyakit diabetes yang bisa memiliki umur yang panjang dan bisa menjalani hidup normal dengan cara menjalani teknik pengendalian diabes seperti pembahasan diatas secara ketat, teratur dan terus menerus. ingat untuk mengontrol dan mengurangi jumlah asupan kalori, Makan dengan porsi kecil, Pilih makanan tinggi serat dan protein, Olah raga yang cukup, dan atur pola Tidur, dan satu lagi yaitu mengontrol berat badan.

Diet dan olahraga adalah dua cara yang dapat mengontrol glukosa darah secara alami. Sebuah gaya hidup sehat juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Perlu dipahami bahwa diet dan olahraga tidak selalu cukup untuk penderita diabetes. Pengobatan gula darah tinggi juga harus di lengkapi dengan obat-obatan seperti asam alpha lipoid dan perawatan insulin. Sebuah gaya hidup sehat dapat melakukan keajaiban dan membantu proses pengobatan atau pengendalian penyakit diabetes yang derita.

Jika Semua proses diatas sudah di jalankan namun anda masih mengalami kadar gula darah tinggi, mungkin sudah saatnya untuk berbicara dan konsultasi dengan dokter Anda untuk meningkatkan asupan insulin dan asam alpha lipoid, Waktu serta dosis dapat disesuaikan untuk memerangi lonjakan kadar gula. tingkat keparahan diabetes bervariasi, begitupun rencana perawatan setiap pasien pasti berbeda.


selalu Bekerja sama dengan dokter anda agar menemukan rencana dan cara terbaik untuk mengendalikan penyakit diabetes yang anda alami. Sekian pembahasan tentang penyakit diabetes dan cara mengontrol kadar gula darah. 
Previous
Next Post »

Testimoni